Classes

Sekolah Dasar dengan keberagaman kondisi belajar siswa

 

Kelas dan Kegiatan Pembelajaran

Kami di SoC percaya bahwa pembelajaran yang terstruktur akan membuat siswa merasa nyaman dan mendapat manfaat yang jauh lebih optimal. Kami telah mendesain sebuah proses pembelajaran khusus untuk membaca, matematika dan sastra yang akan mendukung semua siswa yang memiliki keberagaman kondisi belajar. 

Melalui program khusus ini para siswa tetap dapat bersenang-senang dan belajar secara aktif untuk mengembangkan tanggung jawab dan kepercayaan diri mereka. 

Dalam proses pembelajaran, SoC akan membentuk kelompok untuk belajar membaca dan matematika dengan tingkat ketrampilan yang lebih sederhana, melalui kelompok ini para siswa tetap dapat belajar dengan menyenangkan untuk mengoptimalkan potensi akademik mereka.

Para guru SoC juga dilatih secara khusus untuk memberikan proses pembelajaran dengan pendekatan multi indera, konseptual dan pengulangan dalam pembelajaran membaca dan matematika ini. Setiap instruksi, kegiatan, dan proyek multi indera dirancang secara khusus untuk pengembangan keterampilan berhitung dan kemampuan pemecahan masalah konseptual para siswa.

SoC juga akan membuat kegiatan sastra untuk mendorong para siswa untuk mengeksplorasi serta menikmati buku dan cerita sambil membangun kemampuan bahasa ekspresif dan reseptif mereka. Kegiatan sastra juga dalam bentuk menulis kreatif untuk mendorong siswa dalam menggunakan kata-kata tertulis untuk mengeksplorasi imajinasi mereka.

Kami di SoC juga percaya bahwa ilmu sosial dan sains merupakan bagian integral dari pengalaman belajar siswa kami, dan kami akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelajahi dunia sains dan sosial di sekitar mereka.

Kurikulum akademik SoC mengikuti Standar Kurikulum Nasional untuk setiap tingkat kelasnya, namun SoC menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pembelajar (learner-centered), multi-indera (multisensory), dan interdisipliner (interdisciplinary) yang secara efektif dapat mendukung pembelajaran dan penyimpanan informasi. 

Para guru dan koordinator kurikulum akan terus bekerja sama dalam pengembangan rencana pembelajaran yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan pembelajaran siswa dengan kondisi belajar yang berbeda.

Kemajuan pembelajaran siswa akan dinilai setiap harinya melalui proses tanya jawab, pekerjaan rumah, tes dan proyek yang dikerjakan oleh siswa secara individu maupun kelompok.

Karakteristik Siswa

School of ChiLD (SOC) adalah Sekolah Dasar yang menerima siswa dengan 2 karakteristik berikut ini:

Karakteristik 1

Anak Neurotipikal (Anak yang Bukan Berkebutuhan Khusus)

Anak yang bukan berkebutuhan khusus namun tidak cocok di sekolah umum karena Multiple Intelligence yang dimiliki anak

Karakteristik 2

Anak Kesulitan Belajar Spesifik (KBS)

Kesulitan belajar yang terjadi hanya pada bidang-bidang tertentu dan terjadi pada anak yang memiliki tingkat kecerdasan normal (IQ di atas 90).

Kesulitan belajar ini bisa terjadi pada area membaca (disleksia), matematika (diskalkulia), menulis (disgrafia), dan koordinasi motorik (dispraksia)

Karakteristik 3

Anak dengan Lamban Belajar

Siswa yang memiliki kemampuan untuk mempelajari keterampilan akademis yang diperlukan, tetapi dengan tingkat dan kecepatan yang berbeda di bawah rata-rata anak seusianya. Skor IQ 80 ke atas.

Karakteristik 4

Sindrom Asperger

Sindrom Asperger adalah salah satu kondisi kekhususan yang termasuk dalam payung diagnosis Gangguan Spektrum Autisme (GSA).

Keterampilan bahasa verbal dan kemampuan intelektual yang normal hingga tinggi menjadi pembeda antara Sindrom Asperger dengan bentuk dari Gangguan Spektrum Autisme lainnya

Karakteristik 5

Spektrum Autisme Ringan dan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas

Bentuk ringan dari Gangguan Spektrum Autisme dan Gangguan Pemusatan Perhatian & Hiperaktivitas yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi sosial dan berkomunikasi

SoC telah membuka pendaftaran murid baru untuk tahun ajaran 2021/2022, hubungi kami di:

0811 9 338 338​

Scroll to Top